Cara Kerja Suspensi Depan Sepeda Motor

Cara Kerja Suspensi Depan Sepeda Motor untuk Meredam Getaran

Kendaraan bermotor seperti sepeda motor tentu memiliki komponen-komponen yang kompleks dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu komponen yang harus Anda ketahui letak dan fungsinya adalah suspensi.

Komponen ini adalah komponen yang mempengaruhi kenyamanan pengendara saat berkendara, terutama saat melintasi jalan atau medan yang tidak rata. Dengan adanya suspensi ini akan meredam getaran yang timbul karena kondisi jalan yang tidak rata tersebut.

Dengan begitu pengendara akan merasa lebih nyaman serta lebih mudah dalam mengendalikan laju kendaraan. Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja suspensi depan pada sepeda motor yang akan memberikan fungsi seperti yang dijelaskan tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Suspensi Depan pada Sepeda Motor?

Seperti dijelaskan sebelumnya, suspensi ini adalah bagian penting yang akan membuat pengendara tetap nyaman di atas kendaraan saat melewati medan tidak rata. Ini karena memang fungsi suspensi ini sebagai peredam getaran.

Cek Suspensi Sepeda Motor

Bentuknya seperti pegas dan terletak diantara kerangka kendaraan dengan roda. Bentuknya yang seperti pegas inilah yang berfungsi meredam getaran. Suspensi ini ada di bagian depan dan belakang.

Lalu bagaimana cara kerja suspensi depan pada sepeda motor ini? Berikut penjelasannya.

1. Stanchion Bergerak di Tabung Besar

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa suspensi depan berbentuk tabung dengan beberapa komponen, seperti oli, per dan stanchion. Nah, saat berada di jalan berkontur, stanchion ini akan bergerak mengikuti kontur jalan di dalam cartridge (tabung besar).

Gerakannya ini dibantu oleh per yang berbentuk spiral.

2. Stanchion Mengalami Gerakan Teleskopis

Di dalam tabung ini stanchion mengalami gerakan ke atas dan ke bawah yang disebut dengan gerakan stanchion. Gerakan ini meliputi juga gerakan per dalan menyerap semua energi goncangan yang berasal dari as roda bagian depan.

Gerakan inilah yang diklaim sanggup mengurangi goncangan yang mengarah ke sasis motor.

3. Per dan Oli dalam Tabung Meredam Gerakan Teleskopis

Seperti dijelaskan sebelumnya, di dalam tabung Stanchion ini terdiri dari komponen-komponen tertentu yang mana diantaranya adalah per dan oli. Nah, disinilah peran per dan oli tersebut.

Ketika terjadi gerakan teleskopis, oli dan per di dalam tabung Stanchion ini akan meredam gerakan teleskopis tersebut.

Dengan begitu roda tidak akan memantul yang membuat pengendara di atasnya juga otomatis akan terpental ke atas. Dari sini dapat disimpulkan bahwa oli dan per inilah yang meredam gerak teleskopis sehingga tidak terjadi pantulan bahkan saat melewati jalan berkontur tidak rata.

Itulah tadi penjelasan singkat dan jelas tentang bagaimana cara kerja suspensi depan pada sepeda motor. Berdasarkan penjelasan di atas, meskipun sederhana dapat dilihat jika suspensi ini merupakan komponen sepeda motor yang juga memiliki peran penting.

Tanpa adanya suspensi, pengendara akan merasa tidak nyaman karena harus ikut terpantul ketika melewati medan atau jalan berkontur tidak rata.

Cara Kerja Suspensi Depan Sepeda Motor

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like